Software apa saja yang bisa membuat animasi?

Pengen belajar cara membuat video animasi, tapi gak tau mulai dari mana? Tenang, saat ini sudah banyak banget, loh, aplikasi membuat video animasi gratis dengan mudah.

Membuat video animasi juga bisa jadi alternatif untuk kamu yang pengen bikin channel YouTube, tapi gak pede di depan kamera.

Pada pembahasan ini, Jaka akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan baik di PC, laptop, atau HP Android. Enaknya, aplikasi berikut ini bersifat open source dan tentunya bisa kamu gunakan gratis.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa YouTuber animasi keren yang punya views ratusan ribu hingga jutaan, loh. Sebut saja Dalang Pelo, Animasinopal, atau Kok Bisa?

Nah, pasti kenal sama channel YouTube di atas, kan? Buat kamu yang mau jadi seperti mereka, berikut Jaka bakal kasih rekomendasi aplikasi membuat video animasi terbaik 2021 yang bisa kamu coba.

1. Doratoon

Doratoon

Doratoon adalah langkah terbaik buat kamu yang ingin terjun ke dunia video animasi! Tidak hanya bisa kamu akses dari web secara gratis, namun menggunakannya juga mudah banget dan memiliki segudang fitur.

Banyak tipe video yang bisa kamu buat dengan Doratoon, mulai dari resume, animasi 3d, infografik seputar marketing dan edukasi, video whiteboard, dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan, aplikasi ini sempurna banget buat kamu yang masih pemula dan ingin bisa bikin video animasi tanpa perlu belajar. Kamu diberikan kemudahan dalam mengakses template yang indah dan profesional.

Apalagi, platform satu ini mengizinkanmu untuk mengekspor video dalam kualitas HD. Gimana, geng? Tertarik untuk nyoba?

DetailDoratoon
OS Minimal Web-based & iOS
Prosesor Kompatibel dengan semua perangkat
Memori Tidak dibutuhkan
Chart Tidak dibutuhkan
DirectX Tidak dibutuhkan
Ukuran 500MB

Akses Doratoon di sini

2. FlipaClip

Aplikasi Membuat Video Animasi Flipaclip

Lalu ada FlipaClip yang bahkan sudah menjadi salah satu Aplikasi Pilihan Editor untuk membuat animasi di Android yang membuat kamu nggak boleh meragukan kemampuannya, geng.

User interface yang ditawarkan FlipaClip tergolong simpel, di mana kamu bisa membuat sketsa, storyboard, dan animasi di dalamnya.

FlipaClip mendukung penggunaan pada hampir semua perangkat smartphone dan tablet, termasuk bagi mereka yang menggunakan stylus seperti Samsung S Pen.

Kamu dapat mengekspor animasi buatanmu ke dalam format MP4 atau GIF dan membagikannya di mana saja, seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan lainnya.

DetailFlipaClip: Animasi Kartun
Developer Visual Blaster LLC
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 31MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

Download aplikasi FlipaClip di sini

3. Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2

Kalau kamu nggak mau ribet gambar sendiri, kamu bisa menggunakan aplikasi Draw Cartoons 2 yang menyediakan berbagai template karakter yang bisa kamu pakai gratis.

Dalam aplikasi Draw Cartoons 2 ini, kamu tinggal pilih karakter yang hendak kamu masukkan dan atur pergerakan dari karakter tersebut pada tiap frame-nya.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan voice over dan musik yang kamu inginkan, untuk selanjutnya bisa kamu konversi ke video berformat MP4, geng.

DetailDraw Cartoons 2
Developer Zalivka Mobile Cartoons
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 75MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download aplikasi Draw Cartoons 2 di sini

4. Stick Nodes

Stick Nodes

Sumber foto: play.google.com (Cara bikin video animasi stickman keren bisa kamu lakukan melalui aplikasi Stick Nodes di HP Android.)

Siapa yang nggak kenal karakter stickman? Karakter ini sudah diadaptasi dalam berbagai media, seperti game stickman hingga animasinya, loh.

Nah, kamu juga bisa membuat animasi stickman sendiri dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Stick Nodes yang punya fitur lumayan kompleks.

Sama seperti sebelumnya, kamu cukup menggerakkan karakter stickman pada setiap frame-nya untuk menghasilkan sebuah gerakan.

Di sini kamu bisa mengekspor animasi ke dalam format GIF. Sayangnya, untuk ekspor ke dalam format MP4 lengkap dengan musik, kamu harus membayar versi Pro terlebih dulu, nih.

DetailStick Nodes: Stickman Animator
Developer ForTheLoss Games
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 25MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.0/5 (Google Play)

Download aplikasi Stick Nodes di sini

5. Pencil2D Animation (Aplikasi Buat Video Animasi Sederhana)

Pencil2d Animation

Sumber foto: techjockey.com

Untuk pengguna PC dan laptop, ada Pencil2D Animation yang sesuai dengan namanya berguna untuk membuat video animasi 2D alias 2 dimensi dan cocok digunakan oleh para pemula, geng.

Buat kamu yang hobi menggambar komik, kini kamu bisa meng-upgrade skill dengan mengubahnya menjadi gambar bergerak, loh. Apalagi kalau kamu andal dalam menggunakan pen tablet.

Pencil2D Animation ini sepenuhnya bisa kamu gunakan secara gratis tanpa perlu membayar biaya langganan sepeser pun.

Terlebih aplikasi ini juga tersedia multiplatform untuk para pengguna Windows, MacOS, dan Linux.

Spesifikasi MinimalPencil2D Animation
OS Windows XP/Vista/7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Prosesor Intel or AMD dual-core processor @2GHz or better
Memori 2GB
Grafik 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 100MB

Download Pencil2D Animation di sini

6. Animaker

Aplikasi Membuat Video Animasi 1aa49

Rekomendasi aplikasi video animasi selanjutnya dari Jaka adalah Animaker. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan pastinya mudah digunakan, geng.

Bermodalkan aplikasi ini, kamu bisa membuat 6 jenis video animasi. Mulai dari infografik, animasi 2D, whiteboard, typography, dan lain-lain.

Animaker pas banget untuk kamu yang ingin membuat animasi dalam waktu singkat. Apalagi aplikasi ini juga dilengkapi fitur kualitas FullHD dan video layouts yang tinggal kamu pilih.

Spesifikasi MinimalAnimaker
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Prosesor Intel or AMD dual-core processor @2GHz or better
Memori 2GB
Grafik 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 200MB

Download Animaker di sini

7. Synfig Studio

Aplikasi Membuat Video Animasi Di Laptop Synfig Studio 3c3ac

Sumber foto: synfig.org (Synfig Studio menyediakan tutorial pada laman resminya yang bikin cara buat video animasi makin mudah untuk pemula.)

Punya mekanisme yang mirip dengan Pencil2D sebelumnya, software bernama Synfig Studio ini juga bisa kamu gunakan secara gratis dan tanpa perlu berlangganan.

Walaupun dikeluhkan karena memiliki user interface yang agak jadul, tapi Synfig Studio menyediakan video tutorial training yang tersedia pada laman resminya.

Cocok buat kamu yang baru merintis channel YouTube dengan konsep animasi bercerita seperti Dalang Pelo atau Animasinopal, nih!

Beberapa fitur andalan yang dimiliki oleh Synfig Studios, yakni Vector Tweening, Layer and Filter, dan Bone Movement untuk menggerakkan gambar.

Spesifikasi MinimalSynfig Studio
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Prosesor Intel or AMD dual-core processor @2GHz or better
Memori 2GB
Grafik 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 200MB

Download Synfig Studio di sini

8. OpenToonz

Open Toonz

Sumber foto: graphicmama.com

Kemudian ada OpenToonz yang merupakan pengembangan alias kustomisasi dari aplikasi membuat animasi 2D bernama Toonz yang memang bersifat open source, geng.

Asal kamu tahu, beberapa film animasi Studio Ghibli, seperti "Princess Mononoke" dan "The Secret World of Arrietty" dibuat dengan aplikasi OpenToonz.

Terlebih juga, OpenToonz juga memberikan beberapa fitur lain seperti GTS, Effects, dan KumoWorks yang juga pernah digunakan oleh studio animasi terkenal asal Jepang ini.

Sama seperti basisnya, software OpenToonz juga bersifat open source sehingga bisa kamu unduh gratis bagi para pengguna Windows dan MacOS.

Spesifikasi MinimalOpenToonz
OS Windows 7/8/8.1/10 (64-bit)
Prosesor Intel or AMD dual-core processor @2.5GHz or better
Memori 4GB
Grafik 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 500MB

Download OpenToonz di sini

9. Blender (Aplikasi Animasi Terpopuler dan MultiPlatform)

Blender

Sumber foto: blender.org

Buat kamu yang mau tahu cara membuat video animasi 3D, ternyata ada juga software open source yang bisa kamu gunakan secara gratis bernama Blender.

Bukan hanya untuk pemula, Blender juga masih digunakan oleh kalangan professional untuk berbagai kebutuhan, seperti membuat video animasi.

Blender juga mampu membuat 3D modelling, membuat game, motion tracking, dan lainnya. Blender tersedia multiplatform, mulai dari Windows, MacOS, dan Linux.

Spesifikasi MinimalBlender
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Prosesor Intel or AMD dual-core processor @2GHz or better
Memori 16GB
Grafik 4GB VRAM
DirectX DirectX 10.0
Storage 500MB

Download Blender di sini

Akhir Kata

Nah, itulah dia rekomendasi aplikasi membuat video animasi terbaik 2020 untuk HP Android dan laptop yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Memang, pertama kali menggunakannya kamu bakal kesulitan. Sama seperti yang pernah Jaka ulas dalam cara membuat video animasi di HP Android sebelumnya, geng.

Namun, jika kamu terus belajar dan banyak mencoba membuat animasi keren, pastinya kemampuanmu bakal terus meningkat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT

Aplikasi Edit Video Terbaik F7f34

20 Aplikasi Edit Video di Android, iOS, & PC Terbaik 2022 dengan Fitur Terlengkap!

15 Youtube Downloader Apk Terbaik Dan Gratis 2022 Cfac2

15 Aplikasi Download Video YouTube Gratis & Terbaik 2022, Bebas Nonton Tanpa Kuota!

Aplikasi Logo Android Logo Maker Cfc74

13 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik & Terbaru Android, Gak Perlu Jago Desain!

Aplikasi Edit Video Di Laptop Ringan 6a629 2 8db16

25+ Aplikasi Edit Video di Laptop Gratis Terbaik 2022, Ringan & Banyak Fitur!

Aplikasi Perekam Layar Terbaik Ceaea

19 Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Terbaik 2022, Abadikan & Bagikan Momen Menarik!

Untitled3 894d5

19 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Android, Kualitas Suara Maksimal & Irit Kuota!

Apa saja software animasi?

5 Software Animasi yang Harus Dikuasai oleh Animator.
OpenToonz. Software open source ini memiliki banyak fitur yang memudahkan para animator untuk melakukan pekerjaannya. ... .
Pencil 2D. ... .
KeyShot. ... .
4. Blender. ... .
Toon Boom..

Membuat animasi pakai aplikasi apa?

Aplikasi untuk Membuat Animasi Bergerak.
PicsArt Animator, GIF and Video..
Animate Me!.
FlipaClip – Cartoon Animation..
Toontastic 3D..
StickDraw: Animation Maker..
Animasi Kamera GIF MOB..
Animation Desk: Make Your Animation and Cartoons..
I Can Animate..

Apa itu software animasi?

Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit.

Software apa saja yg bisa digunakan untuk membuat animasi 2D?

Yuk cek di sini!.
Toon Boom Harmony. Toon Boom Harmony adalah perangkat lunak animasi 2D terkemuka di industri animasi. ... .
Autodesk Maya. ... .
Cinema 4D. ... .
Adobe Animate. ... .
Pencil2D..