Mengapa ingin bergabung di perusahaan kami

Salah satu pertanyaan wawancara paling umum yang mungkin kamu tanyakan adalah 'Mengapa kamu menginginkan pekerjaan ini?' atau alasan melamar pekerjaan. Pertanyaan ini sangat penting untuk dijawab dengan tertata dan meyakinkan perekrut.

Di antara jenis pertanyaan yang biasa diajukan selama wawancara, termasuk 'ceritakan tentang diri kamu', 'di mana kamu melihat diri kamu dalam lima tahun' dan 'apa kelemahan terbesar kamu', penting bagi kamu untuk dapat secara efektif mengkomunikasikan alasan melamar pekerjaan itu. .

Mari kita bahas beberapa pertimbangan utama tentang apa yang diharapkan dalam wawancara kerja saat menjawab ‘alasan melamar pekerjaan’.

Mengapa HRD mengajukan pertanyaan "alasan melamar pekerjaan"?


HRD menanyakan alasan melamar pekerjaan untuk tahu tujuan kandida - EKRUT

Pihak HRD menanyakan alasan melamar pekerjaan karena ingin memastikan kamu telah melakukan riset dan mengetahui apa saja gambaran luas pekerjaan yang akan dikerjakan pada pekerjaan yang kamu lamar.

Kedua, mereka ingin melihat apakah kamu telah memikirkan tentang rencana karirmu dan mengetahui apa yang kamu cari.

Perusahaan tidak ingin mempekerjakan kandidat yang melamar setiap pekerjaan yang dapat mereka temukan. Mereka menginginkan seseorang yang memikirkan tujuan karir mereka dan menginginkan jenis pekerjaan tertentu (atau setidaknya beberapa jenis pekerjaan).

Jika kamu tampak tidak yakin dengan apa yang kamu inginkan, mereka akan takut kamu akan berubah pikiran, tidak terlalu menyukai posisinya, bosan dan berhenti di tengah jalan.

Baca juga: 7 Hal yang terlarang kamu katakan saat interview

7 Jawaban alasan melamar pekerjaan saat interview 


Pihak HRD akan memperhatikan alasan melamar pekerjaan dengan seksama - EKRUT

Susun dan rencanakan jawaban alasan melamar pekerjaanmu yang terbaik agar pewawancara dapat memahami tujuanmu. Jawab dan latih dengan percaya diri untuk menjawab dengan nada positif, untuk dampak yang lebih baik. Berikut 7 contoh jawaban alasan melamar pekerjaan.

Jawaban alasan melamar pekerjaan #1

“Alasan melamar pekerjaan saya, dalam karir saya, saya yakin akan satu hal dan itu adalah saya ingin membangun karier yang layak pada bidang saya saat ini. 

Pekerjaan saya saat ini telah menunjukkan kepada saya jalan untuk bergerak dan mencapai apa yang telah menjadi tujuan karir jangka panjang saya. 

Saya telah memperoleh keterampilan yang diperlukan sampai batas tertentu serta telah terbiasa dengan cara kerja perusahaan. 

Sangat penting bagi saya untuk menetapkan diri saya sesuai dengan persyaratan yang dapat membantu saya mencapai tujuan yang telah saya tetapkan untuk diri saya sendiri. 

Saya pikir kesempatan bekerja di perusahaan Anda benar-benar dapat menjamin semua tujuan dan persyaratan saya.

Pekerjaan ini dapat membantu saya membangun fondasi kehidupan profesional yang kuat dan pada akhirnya dapat sukses. Ini adalah jawaban terbaik yang dapat saya pikirkan untuk pertanyaan alasan melamar pekerjaan”.

Jawaban alasan melamar pekerjaan #2

“Alasan melamar pekerjaan saya adalah lowongan kerja di perusahaan Anda yang terhormat ini memiliki potensi untuk memberikan dorongan pada kepribadian saya dan juga memberi saya kesempatan yang cukup untuk memanfaatkan sebagian besar keahlian yang saya peroleh - secara profesional maupun pribadi. 

Kesempatan ini bisa mengeluarkan yang terbaik dalam diri saya karena bidang ini akan memungkinkan saya menunjukkan potensi saya. 

Selain itu, perusahaan Anda dapat memberi lingkungan tempat kerja profesional terbaik untuk bekerja secara maksimal dan berkolaborasi dengan profesional berpengalaman. 

Saya yakin bahwa setelah saya bergabung di sini, saya akan mengembangkan diri saya dalam karir saya serta berkontribusi pada pertumbuhan organisasi secara keseluruhan."

Jawaban alasan melamar pekerjaan #3

“Alasan melamar pekerjaan saya, posisi pekerjaan ini, khususnya, dapat membantu saya membuka jalan menuju rencana pengembangan karir jangka panjang, yang sejauh ini merupakan hal paling penting dalam hidup saya sebagai individu yang bekerja. 

Pekerjaan ini juga menyediakan lingkungan kerja yang sesuai di mana saya sebagai individu dapat secara bertahap mengembangkan keterampilan saya dan mengasahnya agar dapat digunakan secara efektif di masa depan. 

Tingkat persaingan juga tinggi, seperti yang saya dengar bahwa Anda mempekerjakan sumber daya yang memenuhi standar kriteria yang cukup tinggi sesuai kebutuhan industri. 

Dengan begitu banyak poin positif pekerjaan ini, jika saya cukup beruntung saya tidak akan melewatkan kesempatan bekerja di perusahaan ini."

Baca juga: 15 Pertanyaan interview kerja yang relevan untuk diajukan

Jawaban alasan melamar pekerjaan #4

“Alasan melamar pekerjaan yang menginspirasi saya untuk adalah karena kesempatan ini bisa membuat saya berkembang sebagai seorang profesional dengan cara yang sehat. Keterampilan teknis yang akan saya kerjakan, dengan pekerjaan ini, nantinya dapat menjadi bagian penting dari karir saya.

Saya tidak ingin tetap stagnan, karena profil kerja saya saat ini tidak membawa saya kemana-mana. Saya adalah pembelajar yang cepat dan pemikir kreatif yang cepat, oleh karena itu saya dapat mempelajari teknologi baru setiap hari atau dalam rentang waktu yang sangat singkat, serta menerapkan hal yang sama. 

Ini sangat penting untuk tahap di mana saya berdiri sekarang, dan juga menjadikan saya kandidat yang tepat untuk kamu pertimbangkan untuk posisi ini. Dunia membuka pintu baru bagi orang-orang yang dapat melakukan berbagai tugas dengan efisiensi, dan saya orang yang seperti itu.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk saya dan saya. Saya sudah memiliki banyak keterampilan yang diuraikan dalam resume saya, dan peran pekerjaan ini dapat membantu saya mempertajam masing-masing kemampuan profesional saya.”

Jawaban alasan melamar pekerjaan #5

“Saya telah bekerja di pemasaran digital selama 5 tahun dan ini adalah bidang yang sangat saya sukai dan ingin terus berkembang. 

Saya melamar posisi ini karena setelah membaca deskripsi pekerjaan, sepertinya ini adalah peluang besar untuk terus membangun pemasaran digital keterampilan - seperti pemasaran media sosial, iklan Facebook. 

Dan karena saya telah melakukan jenis pekerjaan yang persis seperti ini selama tiga tahun dengan perusahaan terakhir saya, saya akan dapat mulai bekerja dan mulai berkontribusi segera untuk usaha tim Anda. "

Jawaban alasan melamar pekerjaan #6

“Alasan melamar pekerjaan pada posisi saya berikutnya, saya ingin terus membangun keterampilan manajemen dan kepemimpinan proyek saya. Saya meneliti deskripsi pekerjaan dan melihat penekanan pada kepemimpinan tim dan manajemen proyek, jadi sepertinya sangat cocok. 

Saya telah menghabiskan 3 tahun mengelola proyek klien 7 digit dan memimpin tim yang terdiri dari lima orang di perusahaan terbaru saya, saya yakin bahwa saya dapat mempercepat dengan sangat cepat dan mulai memberikan hasil untuk Anda dalam posisi ini”.

Jawaban melamar pekerjaan #7

“Alasan melamar pekerjaan saat ini, saya mencari lebih banyak pengalaman kepemimpinan, karena saya telah berada di posisi saya saat ini selama 4 tahun mengelola proyek di seluruh departemen kami. 

Saya melihat di deskripsi pekerjaan Anda bahwa orang yang Anda pekerjakan ini akan mengelola 4-5 proyek, dan juga akan memiliki kesempatan untuk melatih tim di masa depan dan masuk ke manajemen langsung. 

Hal tersebut adalah sesuatu yang menjadi tantangan bagi saya, dan sayangnya, perusahaan lama saya tidak dapat menawarkannya sekarang, jadi itulah alasan utama saya ingin melamar pekerjaan ini secara khusus. Saya pikir pengalaman saya memimpin proyek akan membantu perusahaan Anda berkembang.”

Baca juga: 9 Tips lolos interview user dan contoh pertanyaannya

Tips menjawab pertanyaan "alasan melamar pekerjaan"


Lakukan riset mengenai perusahaan untuk menjawab alasan melamar pekerjaan - EKRUT

Selama persiapan, cocokkan keahlianmu dengan posisi tersebut, pahami bagaimana posisi tersebut akan menguntungkan kamu dan apa yang ditawarkan perusahaan. Berikut beberapa tips menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan

  • Cari tahu apa nilai perusahaan atau misi yang kamu minati sebagai alasan melamar pekerjaan.
  • Persiapkan pengetahuan khusus mengenai industri khusus yang berlaku untuk posisimu nanti.
  • Cek peraturan industri yang akan datang atau perubahan yang berlaku untuk perusahaan dan bagaimana kamu mampu menjadikannya peluang untuk menerapkan kemampuanmu pada bidang kerja.
  • Sampaikan pencapaian baru-baru ini atau tantangan yang telah kamu hadapi.
  • Sampaikan bagaimana pengalamanmu ini akan menambah nilai pada bidang kerja, tim, dan perusahaan.
  • Jawab pertanyaan dengan antusias tetapi sopan.

Perbanyak riset mengenai perusahaan dan perbanyak latihan. Catat hal-hal penting yang perlu kamu sampaikan saat interview. Semoga dengan membaca artikel ini kamu jadi makin siap untuk menghadapi pertanyaan alasan melamar pekerjaan.

Agar lebih lengkap, yuk simak video cara profesional menghindari kegagalan saat interview kerja.

Semoga sukses interview kerja!

Baca juga:  6 Jawaban Interview Motivasi Kerja yang Sering Ditanyakan HR/User

Rekomendasi video: 

Sumber: 

  • naukri.com
  • roberthalf.co.uk 
  • careersidekick.com

Kenapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?

“Saya ingin bergabung dengan perusahaan ini karena perusahaan ini memiliki visi dan misi yang sesuai dengan tujuan pribadi saya dalam bekerja. Saya menginginkan peran di perusahaan ini karena keahlian utama saya (keterampilan utama yang dibutuhkan) dapat membantu pertumbuhan dan kemajuan perusahaan ini.

Bagaimana cara menjawab mengapa kami harus menerima Anda?

Contoh Jawaban Mengapa Kami Harus Menerima Anda.
Menjawab dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Cara pertama yang bisa diguanakan untuk menjawab pertanyaan di atas adalah dengan mejabarkan keahlian dan keterampilan diri. ... .
Memiliki pengalaman kerja yang serupa. ... .
Memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai..

Cara menjawab pertanyaan Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?

Tips Menjawab.
1. Lakukan riset. Jawaban pertanyaan interview “apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?” sejatinya tak sulit. ... .
2. Siapkan jawabanmu. Sudah mengumpulkan informasi soal perusahaan? ... .
3. Tunjukkan minat dan antusiasmemu. Jangan lupa, tunjukkanlah minat dan antusiasmemu..