Kenapa ya perut sebelah kanan sakit

“Nyeri haid, ISK, penyakit radang panggul, dan radang usus buntu adalah penyebab sakit perut sebelah kanan bawah pada wanita.”

Halodoc, Jakarta –  Sakit perut pada wanita bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang berbeda, mulai dari infeksi kecil hingga gangguan usus. Sebagian besar nyeri perut bagian bawah pada wanita bukanlah tanda kondisi serius, tetapi bila sudah sangat mengganggu perlu mendapat perhatian medis. 

Perut bagian bawah mengacu pada bagian perut di bawah pusar. Nyeri di daerah itu juga bisa disebut sebagai nyeri panggul. Informasi selengkapnya mengenai penyebab sakit perut sebelah kanan bawah bisa dibaca di sini!

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Perut bagian bawah seorang wanita memiliki dua organ utama, termasuk rahim dan bagian dari usus. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit perut di sebelah kanan bawah pada wanita: 

1. Nyeri Haid

Nyeri haid biasanya berupa nyeri kram, tumpul atau kencang di tengah perut bagian bawah. Kondisi ini terkadang menyebar lebih jauh ke punggung bawah sehingga bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Biasanya, kondisi ini bisa diatasi dengan mudah mengompres menggunakan botol panas atau obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol dan ibuprofen.

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah pada wanita. ISK juga bisa menyebabkan gejala lain seperti sensasi terbakar saat buang air kecil, atau intensitas ke kamar mandi yang terlalu sering untuk berkemih. 

Infeksi saluran kemih ringan seperti sistitis sering hilang dengan sendirinya jika kamua minum banyak cairan. Akan tetapi, ISK yang lebih persisten mungkin memerlukan antibiotik jangka pendek sehingga dokter perlu meresepkannya. 

ISK yang lebih parah dapat memengaruhi ginjal, dan dapat menyebabkan nyeri punggung bawah di salah satu atau kedua sisi. Alhasil, kondisi ini membuat kamu merasa tidak sehat yang terkadang diiringi dengan gejala seperti flu.

3. Penyakit Radang Panggul

Infeksi pada sistem reproduksi dapat memengaruhi rahim, saluran tuba dan ovarium. Infeksi saluran reproduksi yang tidak diobati dapat menjadi sangat serius dan menyebabkan masalah jangka panjang, sehingga perlu ditangani oleh dokter.

Jenis infeksi ini sering disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Nyeri saat berhubungan seks, bercak atau perubahan warna, keputihan yang berbau bisa menjadi gejala lain dari IMS, atau infeksi pada sistem reproduksi.

4. Radang Usus Buntu

Perut kanan bawah berisi bagian usus di mana usus kecil bertemu dengan usus besar. Usus buntu adalah bagian kecil dari usus yang ditemukan di mana usus bergabung, dan ini kadang-kadang bisa meradang, bengkak, dan terinfeksi. Radang usus buntu adalah gangguan usus yang menyakitkan yang menyebabkan nyeri perut kanan bawah yang intens.

Kapan Sakit Perlu ke Dokter? 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sakit perut kanan bawah pada umumnya tidak serius. Namun, perlu diperiksakan bila mengalami gejala sakit perut parah.

Kamu perlu memeriksakan diri ke dokter bila sakit perut sebelah kanan bawah diiringi dengan gejala lain, seperti:

  • Perasaan tertekan di dada.
  • Rasa sakit di dada, rahang, leher, atau lengan.
  • Sesak napas.
  • Pusing atau sakit kepala ringan.
  • Kesulitan atau rasa sakit saat menelan.
  • Berkeringat.
  • Demam.
  • Darah dalam muntah atau tinja.
  • Mual dan muntah terus menerus.
  • Kulit atau mata putih yang tampak kuning.
  • Nyeri parah saat menyentuh perut.
  • Pembengkakan yang tidak biasa pada perut.
  • Kehilangan nafsu makan yang terus-menerus.
  • Penurunan berat badan yang tidak biasa

Jika kamu mengalami rasa sakit tak tertahankan di perut sebelah kanan bawah, jangan ditunda-tunda, segera buat janji medis di rumah sakit terdekat lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodocsekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:Healthline. Diakses pada 2022. Why Do I Have Lower Right Abdominal Pain?Healthily. Diakses pada 2022. What causes pain in my lower right abdomen?Livi.co.uk. Diakses pada 2022. What causes lower abdominal pain in women?

Penyebab paling umum perut sebelah kanan sakit saat ditekan adalah radang usus buntu. Penyakit ini memiliki peluang 10% menyerang mereka yang berusia antara 10 hingga 30 tahun. Radang usus buntu biasanya disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan pada usus. Selain radang usus buntu, ada banyak penyebab lainya yang bisa Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini

Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit saat Ditekan

Perut sebelah kanan sakit saat ditekan bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa kram, sakit perut seperti tertusuk dan beberapa di antaranya bisa menghilang secara perlahan. Berikut penyebab perut sebelah kanan sakit saat ditekan lainya, yang perlu Anda ketahui:

  1.  Kehamilan Ektopik

Salah satu penyebab perut sebelah kanan sakit saat ditekan adalah kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang terjadi di luar rahim, umumnya terjadi di bagian tuba fallopi. Mereka yang mengalami kehamilan tidak normal seperti ini biasanya mengalami gejala sakit perut di sebelah kanan hingga  tidak tertahankan, sehingga bisa membuat penderitanya tidak sadarkan diri, lemas dan pucat. Jika Anda sering mengalami keluhan sakit perut di sebelah kanan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

  1. Kista Ovarium

Penyebab lain perut sebelah kanan sakit saat ditekan adalah kista ovarium. Kista ovarium tidak bisa Anda sepelekan, sebab bisa mengakibatkan komplikasi jika tidak hilang dengan sendirinya. Kista ovarium merupakan kantung padat atau cairan yang terletak pada ovarium dan bisa menghilang dengan sendirinya, namun dalam beberapa kasus bisa menimbulkan komplikasi. Kista ovarium seringkali tidak disadari karena beberapa gejalanya seperti sakit perut sebelah kanan, menstruasi tidak teratur dan buang air besar tidak teratur, kerap dianggap sebagai penyakit biasa yang mudah hilang. 

  1. Batu Empedu

Penyebab perut sebelah kanan sakit saat ditekan selanjutnya adalah batu empedu. Batu empedu merupakan endapan yang mengeras pada kantong empedu, sehingga membuat penderitanya sering merasa sakit pada perut sebelah kanan. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging merah, kue, permen, cokelat, makanan siap saji, gorengan, dan minuman manis. 

  1. Radang Usus Buntu

Selain beberapa penyebab di atas, perut sebelah kanan sakit saat ditekan juga bisa disebabkan oleh radang usus buntu. Radang usus buntu merupakan suatu kondisi ketika apendiks atau sebuah kantong pada usus besar mengalami peradangan. Radang usus buntu bisa terjadi pada siapa pun, karena beberapa kebiasaan seperti sering menahan kentut, mengonsumsi makanan yang dibakar, gorengan, makanan kalengan, dan jajan sembarangan. Selain nyeri perut sebelah kanan, beberapa gejala lainya seperti perut kembung, diare, sulit kentut, mual, dan kehilangan nafsu makan.

  1. Hepatitis C

Perut sebelah kanan sakit saat ditekan juga bisa disebabkan oleh penyakit hepatitis C. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan cairan di dalam perut, akibat fungsi hati yang menurun dan gangguan sistem pencernaan saat mencerna makanan yang mengandung lemak. Selain nyeri perut sebelah kanan, beberapa gejala lain yang umum dirasakan yaitu kulit dan mata berwarna kuning, mudah lelah, demam, dan kehilangan selera makan. Jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, karena fungsi hati yang menurun bisa berakibat fatal terhadap sistem pencernaan lainya.

  1. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal merupakan suatu kondisi ketika ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik yaitu menyaring kotoran dan cairan dari dalam darah. Penyakit ini sering ditandai dengan nyeri perut di sebelah kanan dan menjalar ke tulang rusuk hingga selangkangan. Selain nyeri perut di sebelah kanan, beberapa gejala penyakit ginjal yang sering dirasakan adalah munculnya darah di dalam urine, panas ketika buang air kecil dan demam. Penyakit ini biasanya dialami oleh mereka yang kurang mengonsumsi air putih.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab perut sebelah kanan sakit saat ditekan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda merasakan gejala sakit perut di sebelah kanan dan disertai dengan beberapa gejala lain yang memungkinkan terindikasi salah satu penyakit di atas, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Kenali Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Apa penyebab sakit perut sebelah kanan pada wanita?

“Nyeri haid, ISK, penyakit radang panggul, dan radang usus buntu adalah penyebab sakit perut sebelah kanan bawah pada wanita.” Halodoc, Jakarta – Sakit perut pada wanita bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang berbeda, mulai dari infeksi kecil hingga gangguan usus.

Bagaimana cara mengatasi sakit perut bagian kanan?

Cara Mengobati Sakit Perut Kanan Bawah Mengubah kebiasaan makan untuk mencegah gangguan pencernaan dan kelebihan gas pada usus. Mengkonsumsi antibiotik. Mengkonsumsi obat pereda nyeri perut. Tindakan operasi untuk penyakit serius yang butuh pembedahan seperti usus buntu.