Cara membuat lampu dari botol bekas Tanpa Listrik

Seribucara.info – Cara bikin lampu tanpa listrik ternyata sangat mudah. Tidak perlu listrik bahkan kabel untuk menghidupkannya. Cukup menggunakan botol dan air ternyata bisa menerangi rumah kita. Cara pembuatannya pun sangat mudah tidak perlu keahlian khusus.

Tapi jangan mengira lampu ini bisa digunakan untuk rumah besar apalagi gedung bertingkat. Lampu ini pada awalnya tercetus dibuat untuk membantu masyarakat tidak mampu yang tinggal di rumah-rumah kumuh.

Diketahui tarif listrik di Filipina dikenal paling mahal se Asia dan hampir 1/3 penduduk Filipina hidup di bawah garis kemiskinan. Di Manila hampir 1/4 penduduknya hidup di daerah kumuh. Itulah mungkin kenapa lampu ini menjadi laris di sana.

Entah siapa yang pertama kali menciptakan lampu ini. Namun di Manila seorang mantan pemain film, Ilac Diaz telah mengenalkan lampu hemat tanpa listrik ini dengan sebutan lampu botol solar. Lampu botol solar ini dibuat dari sebuah botol bekas yang dalaminya kemudian diisi 1 liter air dengan campuran sedikit pemutih pakaian. Kemudian Botol itu dipasangkan ke dalam seng yang dipotong sesuai ukuran diameter botol untuk kemudian dipasang di atap rumah kumuh yang terbuat dari seng juga.

Hebatnya kemampuan penerangan dari lampu botol solar ini konon sama dengan lampu 50 – 60 Watt. Sejak itu, gubuk mereka mulai terang dan gratis pula.

Bila anda ingin tahu lebih jelasnya tentang cara bikin lampu bisa dilihat di video ini :

Kamis, 21 Mei 2015 18:05

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah Video Youtube menunjukkan cara bagaimana memanfaatkan botol kemasan air mineral menjadi lampu pijar tanpa listrik.

Mungkin Anda bertanya, apakah benar? Coba lihat videonya, Anda pasti tak percaya ternyata car atersebut bisa.

Lampu tersebut berbeda, memang tanpa aliran listrik hanya memanfaatkan pendar cahaya matahari.

Lampu tersebut menyala saat Matahari ada.

Botol air mineral disisipkan pada atap seng. Botol tersebut diisi air bersih dan dua sendok pemutih.

Zat pemutih ternyata memberikan pendar cahaya memantulkan bias cahaya Matahari.

Akun Youtube GoBatakTV mengunggah video ini sejak 13 Agustus 2012 dan hingga Kamis 21 Mei 2015 sudah ditonton sebanyak 677.469 kali.

Lampu ini hanya untuk siang hari terutama beberapa ruangan yang membutuhkan penerangan atau atap yang tidak transparan. (tribunmanado/robertus rimawan)

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.

  • BERITA TERKINI

    Cara Membuat Lampu Tanpa Listrik dari Botol Plastik Bekas – Bermula dari ide illac Diaz seorang pendiri My Shelter Foundation sejak beberapa tahun lalu, yang melihat banyak warga miskin di filipina, dimana banyak sekali rumah-rumah warga yang kekurangan penerangan khususnya pada siang hari mengingat cukup mahalnya tarip listrik bagi mereka sehingga mematikan listrik pada siang hari dianggap sebagai sebuah penghematan yang besar.

    Ide diambil dengan memanfaatkan sinar matahari yang diteruskan oleh botol plastik bekas minum air mineral, maka cahayanya berpendar menjadi lampu berkekuatan setara 50 watt.

    Cara pembuatannya yang mudah dan sederhana menjadikan lampu buatan ini bahkan menjadi penyedot tenaga kerja home industry di negara tersebut, kini lampu tanpa listrik ini sudah menyebar

    – banyak di pakai khususnya di Afrika dan Asia baik untuk menerangi rumah-rumah, gudang, pabrik, dan lain-lain.

    Peralatan yang di butuhkan dalam Membuat Solar Light (Lampu Surya) :

    1. Botol minum bekas ukuran 1,5 liter / Botol air mineral plastik habis pakai / Botol plastik lainnya yang besar.

    2. seng polos atau gelombang, disesuaikan dengan genteng rumah/bangunan, misalnya atap berupa Asbes gelombang maka pilihlah seng bentuk gelombang pula.
    Seng dipotong kotak ukuran 25 x 30 cm.

    3. Lem plastik secukupnya.
    Cara membuat lampu tanpa listrik – yang mudah dan simple :

    1. Lubangi seng berbentuk lingkaran, dengan ukuran lebih kecil sedikit dari Botol air mineral 1,5 liter. Kurang lebih selisih 2 mm agar botol dapat masuk dengan rapat.

    2. Haluskan lubang dengan amplas atau sikat kawat/lainnya.

    3. Pasang botol – Masukkan pada lubang yang ada, separuh di bawah dan separuh diatas.

    4. lem sekeliling botol yang menempel pada seng, atas dan bawah melingkar, gunakan lem plastik atau lainnya yang bisa kedap dan tahan air untuk menghindari kebocoran saat hujan.

    5. isi botol plastik dengan air bersih sampai penuh, Tuangkan pula Cairan Pemutih / Bleacing sebanyak 15 ml.

    6. Tutup rapat botol air mineral tersebut, sebaiknya tutupnya juga di lem agar rapat anti bocor.
    7. Lubangi atap/genteng rumah lebih besar sedikit dari ukuran diameterbotol.

    8. pasang Botol dengan seng kotaknya menutupi lubang atap tersebut, lalu lem sekeliling seng kotak terhadap atap/genteng.

    Cara Membuat Lampu Tanpa Listrik dari Botol Plastik Bekas

    Lampu tanpa listrik bertenaga matahari setara dengan lampu berkekuatan 50 watt sudah mulai berfungsi.

    – Sinar matahari akan menerangi Botol, cahayanya akan diteruskan oleh mediator air dan pemutih, lalu dipendarkan ke sekitar ruangan yang ada di bawahnya.

    Kekurangan : – Karena lampu home made ini menggantungkan diri pada sinar sang surya, tentu saja tidak terlalu bisa dipakai pada malam hari. Namun begitu, cahaya bulan yang terang / purnama masih bisa berdampak juga pada terangnya lampu botol ini.

    – Untuk rumah yang terdapat plafon tentunya kesulitan dalam memanfaatkan lampu tenaga surya ini.

    5 Kelebihan lampu botol tanpa listrik :

    a. Pembuatan yang cukup mudah, simple, dan sangat murah.
    untuk ruang dengan area luas dapat di buatkan beberapa lampu surya, sehingga semakin tinggi nilai ekonomisnya dibanding menyalakan beberapa lampu listrik.

    b. mengurangi limbah plastik, memanfaatkan sumber daya alam sekaligus memfungsikan barang bekas.

    c. Umumnya di indonesia, orang-orang cukup mengambil satu genteng dan diganti dengan genteng kaca, hasilnya akan berbeda dengan lampu buatan ini .. – berbeda dengan genteng kaca yang sebenarnya hanya memasukkan sinar matahari secara lurus saja, dan posisi penerangan menjadi berubah tergantung posisi matahari yang memang bergerak dari pagi s/d sore.

    – Cahaya lampu buatan ini berpendar / disebarkan ke sekeliling ruang layaknya lampu listrik, sehingga tidak dipengaruhi oleh perpindahan posisi matahari.

    d. Secara visual, setelah di pasang di rumah, tampak lebih indah dan keren daripada sekedar lubang genteng kaca ^_^

    e. Menghemat banyak listrik, terutama tidak harus melulu menghidupkan lampu listrik di siang hari,

    Inilah artikel tentang Cara Membuat Lampu Tanpa Listrik dari Botol Plastik Bekas. Semoga bermanfaat.

    baca juga : Desain Lampu Tidur Anti Mainstream

    Sumber : bintangtop.com