Berapa lama ganti oli gear matic

07 June 2022Oli gardan merupakan salah satu jenis oli yang dibutuhkan motor matic. Pergantian oli gardan lebih lama dibandingkan dengan oli mesin, namun jika penggantiannya terlambat tentu akan berdampak negatif untuk kendaraan. Untuk itu akan kami bahas mengenai bagaimana ciri ciri oli gardan harus diganti, supaya kendaraan tetap bekerja optimal.

Apa itu oli gardan ?

Sebelum membahas lebih jauh tentang ciri-ciri yang harus kamu cermati ketika ganti oli gardan terlebih dahulu kami jelaskan tentang apa itu oli gardan ? oli gardan merupakan pelumas yang digunakan supaya komponen transmisi otomatis menjadi licin. Yang berfungsi untuk menjaga supaya tidak ada komponen yang rusak ketika komponen saling bergesekan.

Fungsi oli gardan

Melapisi komponen CVT

Fungsi utama dari oli ini adalah untuk memberikan lapisan pada semua komponen Continuously Variable Transmission (CVT). Karena transmisi otomatis membutuhkan lapisan yang bisa menahan kinerjanya.
Jika tidak ada lapisan oli, gesekan yang terjadi antara komponen akan menciptakan overheat motor, overheat adalah hal yang harus dihindari supaya komponen-komponen yang saling bergesekan akan rusak dan berpengaruh pada performa motor Yamaha kamu.

Melancarkan gerak transmisi

Oli yang ada pada sistem transmisi motor matic akan membuat gerakan menjadi lebih halus mengingat perubahan yang terjadi secara otomatis, sehingga kinerja transmisi menjadi lebih lancar dan perpindahan kecepatan yang dibutuhkan pengemudi menjadi lebih aman
Motor matic harus bisa mengubah kecepatan baik dalam kondisi drastis atau statis, baik perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi maupun sebaliknya, dengan penggantian oli gardan yang diperhatikan motor akan lebih awet.

Ciri ciri oli gardan motor harus diganti

Muncul gejala-gejala dari gardan

Pemilik kendaraan akan dengan mudah untuk melihat gejala yang muncul jika memang harus mengganti oli gardan, seperti suara bising dari boks CVT, hal ini dikarenakan oli gardan yang digunakan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah mulai encer.
Gejala lain yang dapat dijadikan patokan adalah ketika mengendarai motor tiba-tiba mesinnya bergetar dan mengeluarkan suara kasar,  ketika menemukan gejala-gejala ini sebaiknya segera membawa motor ke bengkel atau dealer resmi untuk ganti oli gardan. Jangan sampai beberapa komponen motor kamu rusak karena jarang mengganti oli, sehingga kamu harus mengeluarkan biaya perbaikan yang bisa lebih besar jika dibandingkan dengan biaya ganti oli.

Melewati batas penggantian oli gardan

Ciri ciri oli gardan harus diganti selanjutnya adalah jika sudah melewati batas penggantian. Setiap komponen pasti memiliki batas waktu pemakaian tidak terkecuali pelumas ini pun memiliki batas sehingga harus diperbaharui supaya fungsinya tetap maksimal.
Setiap motor memang biasanya memiliki batasan yang berbeda. Tergantung dari spesifikasi oli gardan, jarak tempuh, hingga jumlah oli yang dibutuhkan. Lalu dalam jarak berapa km ganti oli gardan motor matic? Secara umum oli gardan harus diganti ketika jarak tempuh sudah mencapai angka 8.000 kilometer, dan pertanyaan lain yang biasanya muncul adalah dalam jangka berapa bulan sekali ganti oli gardan ? Jawabannya adalah sekitar jangka waktu 8 bulan sekali.
Jadi sebaiknya kamu mencatat kapan Kamu terakhir mengganti oli gardan dengan begitu kamu bisa kapan ganti oli gardan motor matic Kamu di waktu yang tepat. Jangan sampai Kamu lupa mengganti oli ini karena akan berpotensi untuk merusak motor kamu. Bisa dikatakan semakin cepat diganti, maka semakin baik pula kinerja gardan.

Perubahan warna

Kamu juga bisa tahu waktu yang tepat kapan ganti oli gardan motor dari perubahan warnanya. Jika warna oli sudah menjadi agak abu-abu metalik gelap atau putih maka ini menandakan jika kondisinya sudah tidak bagus lagi..
Perubahan warna bisanya karena dua hal, yang pertama oli sudah tercampur dengan air ketika melewati banjir atau genangan air. Yang kedua perubahan warna menjadi abu-abu metalik gelap karena sudah lama tidak diganti. Jika sudah menemukan gejala ini sebaiknya segera bawa motor ke bengkel atau dealer resmi yamaha untuk mengganti oli gardan, jangan sampai menunggu terlalu lama sehingga sewaktu-waktu terjadi masalah ketika mengendarai motor.
Demikian penjelasan kami tentang pengertian dan fungsi serta ciri ciri oli gardan harus diganti. Proses penggantian oli gardan ini juga cukup mudah, Kamu bisa melakukan sesuai dengan waktu yang sudah terjadwal, atau lebih mudahnya bisa langsung ke bengkel resmi Yamaha.

Baca juga : Seberapa Penting Ganti Oli Gardan? Ini Penjelasannya

Foto : Instagram @yamaha.jabar

Jakarta -

Pelumas merupakan satu peranti penting lho detikers, karena tanpa adanya pelumas semua part mesin tidak akan berfungsi dengan sempurna. Nah bagi detikers yang mengendarai motor matic juga harus memperhatikan oli gardan ya, karena oli ini juga memiliki peran yang sangat penting.

Karena tidak seperti motor manual, motor matic memiliki pelumas tambahan selain oli mesin. Pada motor berkopling kering tersebut, terdapat oli tambahan pada bagian transmisi yang biasa disebut oli transmisi matic atau oli garden matic.

Sama halnya dengan oli mesin, oli transmisi pun bertugas memberikan pelumasan. Bedanya, oli ini hanya diperuntukkan pada bagian transmisinya saja. Dengan kata lain ditujukan untuk melindungi serta mengoptimalkan kinerja pada area CVT (Continously Variable Transmission) seperti gear dan bearing-bearing di dalamnya.

Oli transmisi atau oli gardan motor matic juga harus diganti secara berkala. "Pada penggunaan normal, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12 ribu km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau (motor) selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. Coba ganti dengan perbandingan 2:1. Penggantian oli transmisi dilakukan setelah dua kali ganti oli mesin," ungkap Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana.

Tapi bagaimana ya cara mengetahui bahwa motor detikers sudah waktunya melakukan pergantian oli gardan. Tercatat ada 2 kendala pada motor matic detikers, diantaranya:

1. Suara mesin terdengar kasar

Ciri paling umum adalah munculnya suara kasar di area CVT. Ini terjadi lantaran adanya gesekan antar komponen pada transmisi yang bisa disebabkan oleh perubahan viskositas oli gardan. Selain viskositas suara yang kasar juga bisa disebabkan oleh banyaknya logam ausan yang berada dalam transmisi. Jika dibiarkan terlalu lama, kerusakan lebih parah jelas tak dapat terhindarkan lagi.

2. Terasa getaran pada setang dan bodi

Getaran pada setang dan bodi motor pun akan terasa bilamana telat mengganti oli transmisi. Untuk mengetahuinya, pemilik dapat mencobanya di jalan menurun. Getaran tadi menjadi pertanda gardan tidak bekerja dengan baik sebagai dampak oli transmisi yang tidak melumasi dengan sempurna.

Lebih parahnya lagi, hal itu akan merusak bearing gardan yang menempel pada bak CVT. Fungsinya adalah menyelaraskan putaran mesin dan pully bagian depan. Jika sudah seperti ini, bersiap mengalokasikan dana lebih untuk penggantian spare part tersebut.

Pergantian oli gardan pada motor matic Foto: dok. Istimewa

Bayangkan berapa uang yang dikeluarkan akibat telat mengganti oli transmisi. Padahal, kebutuhan akan oli transmisi ini bisa didapat dengan mudah oleh masyarakat.

Nah bagi detikers yang malas untuk ke bengkel, mengganti oli gardan juga bisa dilakukan sendiri karena bisa dikatakan, melakukan pergantian oli gardan terbilang mudah.

Hal pertama yang harus dilakukan ada memarkirkan motor dengan standar tengah di tempat rata. Setelah itu, buka baut paling belakang di bagian bawah CVT.

Kemudian, lepaskan baut dan siapkan wadah untuk menampung oli gardan lama. Cobalah memiringkan motor ke kiri untuk memastikan oli sudah terbuang semua. Selanjutnya, pasang kembali baut tersebut dan buka penutup oli transmisi di atas lalu tuang oli transmisi yang baru.

Simak Video "Pepet Almaz RS, Ini Spesifikasi dan Harga Chery Tiggo 7 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

Berapa km ganti oli gear?

Waktu penggantian oli gardan dan transmisi memang lebih lama dibanding mesin, namun jika telat efeknya bisa buruk. Technical Leader Plaza Toyota Tendean, Adit, menyampaikan, penggantian oli gardan dan transmisi harus dilakukan setiap kendaraan mencapai jarak tempuh 40 ribu kilometer atau dalam dua tahun sekali.

Berapa lama jangka waktu ganti oli motor matic?

Di buku manual, rata-rata pabrikan menganjurkan untuk melakukan penggantian oli mesin motor setiap 2.000 hingga 3.000 km atau sekitar 2 bulan sekali. Biasanya ini juga bergantung dengan merk motor matic yang kamu gunakan.

Berapa lama waktu ganti oli transmisi mobil matic?

Lantas, kapan harus ganti oli transmisi mobil matic? Pada umumnya, pihak bengkel akan menyarankan penggantian oli transmisi matik setiap interval 15.000 kilometer. Selanjutnya, untuk menguras oli ini secara menyeluruh dilakukan tiap 50.000 kilometer.